PIKR

Kepanjangan PIK-R adalah kepanjangan dari Pusat Informasi dan Komunikasi Remaja.

Pengertian Suatu wadah kegiatan program PKBR yang dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi, serta kegiatan-kegiatan penunjang lainnya.

Tujuan PIK-Remaja

  1. Memberikan informasi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR)
  2. Pelayanan konselingdan rujukan KRR
  3. Mengembangkan kegiatan yang khas sesuai minat dan kebutuhan remaja.
  4. Menciptakan remaja yang berprilaku sehat dan terhindar dari resiko seks bebas, HIV/AIDS, NAPZA.
  5. Mencapai generasi yang berkualitas.

Manfaat PIK-Remaja

Menciptakan konselor remaja, konselor sebaya sehingga informasi yang didapatkan oleh mereka merupakan informasi yang tepat.

 

Pengertian pendidik sebaya

Pendidik sebaya adalah remaja yang menjadi nara sumber bagi kelompok remaja sebayanya yang telah mengikuti pelatihan pendidik sebaya serta menyediakan informasi baik dan benar agar dapat diakses oleh remaja dari sumber dan dengan cara yang benar.

Penertian konselor sebaya

Konselor sebaya adalah pendidik sebaya yang punya komitmen dan motivasi yang tinggi untuk memberikan konseling tentang kesehatan reproduksi bagi kelompok remaja yang telah mengikuti pelatihan konseling.

Pengelola PIK-Remaja

Pengelola PIK-R adalah pemuda/remaja yang punya komitmen dan mengelola langsung PIK Remaja serta telah mengikuti pelatihan dengan mempergunakan modul dan kurikulum standard yang telah disusun oleh BKKBN atau yang sejenis. Pengelola PIK Remaja terdiri dari Ketua, Bidang Administrasi, Bidang Program dan Kegiatan, Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya.

Ruang Lingkup
Ruang lingkup PIK Remaja meliputi aspek-aspek kegiatan pemberian informasi PKBR, Pendewasaan Usia Perkawinan, Keterampilan Hidup (Life Skills), pelayanan konseling, rujukan, pengembangan jaringan dan dukungan, dan kegiatan-kegiatan pendukung lainnya sesuai dengan ciri dan minat remaja.